Wednesday, March 15, 2017

FALSAFAH MINANGKABAU

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Pada awalnya falsafah adat Minangkabau itu bersumberkan pada alam. Sesuai dengan falsafah
Alam Takambang Jadi Guru. Karena pada awalnya nenek moyang orang Minangkabau melandasi
hidupnya pada ketentuan dari alam. Nenek moyang orang Minangkabau memandang bahwa
kenyataan yang terdapat pada alam itu bisa menjadi pegangan hidupnya.

Namun setelah agama Islam masuk ke Minangkabau, adat Minangkabau yang cenderung berpedoman keapda ketentuan dalam alam, telah memberikan pengaruh yang besar terhadap falsafah adat ini,sehingga terlihatlah suatu keakraban atau kepadanan antara adat Minangkabau dengan agama
Islam, pada akhirnya berubahlah falsafah adat Minangkabau ini menjadi Adat Basandi Syarak,
Syarak Basandi Kitabullah.

I.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan makalah ini sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan alam takambang jadi guru ?
2. Apa yang dimaksud dengan alam sebagai sumber kehidupan ?

I.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujun penulisan makalah ini,
antaralain sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui falsafah Minangkabau tentang alam takambang jadi guru
2. Untuk mengetahui falsafah Minangkabau tentang alam sebagai sumber kehidupan

I.4 Manfaat Penulisan
Secara umum penulisan makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca guna meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang dibahas dalam makalah ini.





















BAB II
PEMBAHASAN
FALSAFAH MINANGKABAU

II.1 Alam Takambang Jadi Guru
Minangkabau bukan hanya sebagai tempat hidup dan mati, bukan hanya tempat hidup dan
berkembang, tetapi minangkabau juga memiliki makna filosofis. Seperti yang ada dalam ungkapan pepatah minangkabau “alam takambang jadi guru”.Alam memiliki makna yang mendalam dengan
segala bentuk, sifat, serta segala yang terjadi di dalamnya, merupakan sesuatu yang dapat dijadikan sebagai pedoman, ajaran, dan guru. 

Alam sebagai ajaran dan pandangan hidup kata-kata yang menjadi pedoman hidup bagi manusia dalam berbaut, bertindak, dan berprilaku. Dalam minangkabau pun begitu, mereka membuat segala bentuk pepatah-petitih dan mamangan berdasarkan kehidupan yang ada di alam semesta ini. Hal tersebut lalu dijadikan sebagai aturan, hukum, dan ketentuan adat. Mereka menerapkan semua itu dalam kehidupan
sehari-hari.Hal itulah yang dinamakan ajaran minangkabau.

Dalam kata pusaka minangkabau telah diungkapkan, bahwa.
Panakiak pisau sirauik,
Ambiak galah batan lintabuang,
Silodang ambiak ka nyiru
Satitiak jadikan lawik
Sakapa jadikan gunuang
Alam takambang jadi guru

Pada dasarnya, alam memiliki dua sifat yang paling mendasar. Pertama, bersifat tetap, artinya alam tidak pernah berubah sejak dulu sampai kini. Semua hal yang tidak berubah itu dijadikan
masyarakat minangkabau sebagai dasar atau landasan hukum dan rumusan adat. Landasan itu
disebut “adat babuhua mati”. Kedua, bersifat tidak tetap artinya alam dapat berubah-berubah sesuai dengan kodratnya. Semua itu disebabkan oleh keadaan, situasi dan cuaca. Sifat ini
juga dijadikan oleh orang minangkabau sebagai rumusan membuat adat, yang disebut dengan “adatbabuhua sintak”.

Kedua hal ini dijadikan sebagai falsafah “alam takambang jadi guru”.

Alam merupakan tempat hidup dan sumber kehidupan manusia. Maka dari itu manusia haruslah
memanfaatkan alam dengan seoptimal mungkin. Semua yang terdapat di Alam ini, memiliki
kegunaannya masing-masing serta memiliki makna penciptaannya.  

Dalam kata pusaka telah dijelaskan, yaitu
Nan lunak ditanam baniah
Nan kareh dibuek ladang
Nan bancah palapeh itiak
Ganangan ka tabek ikan
Bukik batu ka tambang ameh
Padang laweh bakeh taranak

Ka rimbo babungo kayu
Ka sungai babungo pasia
Ka lawik babungo karang
Ka sawah babungo padi
Ka tambang babungo ameh

Informasi apa yang didapatkan dari kata pusaka tersebut?. Ternyata orang minangkabau terdahulu
tidak hanya mengenal dunia agraris  saja, tetapi juga telah mengenal pertambangan. Alam mereka
jadikan sebagai landasan untuk merumuskan dan menyusun ajaran adat. Kemudian mereka menjadikan alam sebagai sumber hidup dan kehidupan mereka. Apapun yang diberikan alam, mereka
jadikan sebagai sumber kesejahteraan sumber daya alam. Memanfaat pemberian alam untuk
memenuhi semua kebutuhan mereka. Demikianlah arti alam bagi orang minangkabau.

II.2 Alam Sebagai Sumber Kehidupan
Alam sebagai tempat hidup dan sumber kehidupan mereka memanfaatkan seoptimal mungkin.
Tidak satupun yang ada di alam ini yang tidak berguna bagi mereka. Hutan, sungai, tanah, dan laut misalnya, mereka manfaatkan sebagai modal (aset) ekonomi untuk kesejahteraan. 

Hal itu diungkapkan dalam kata pusaka (kato pusako):
Nan lunak ditanam baniah,
Nan kareh dibuek ladang,
Nan bancah palapeh itiak,
Ganangan ka tabek ikan,
Bukik batu ka tambang ameh,
Padang laweh bakeh taranak

Ka rimbo babungo kayu,
Ka sungai babungo pasie,
Ka lauik babungo karang,
Ka sawah babungo padi,
Ka tambang babungo ameh.
(Yang lunak ditanami benih,
Yang keras dibuat ladang,
Yang rawa dilepas itik,
Genangan untuk kolam ikan,
Bukit batu untuk tambang emas,
Padang luas untuk beternak,

Ke hutan berbunga kayu,
Ke sungai berbunga pasir,
Ke laut berbunga karang,
Ke sawah berbunga padi,
Ke tambang berbunga emas)

Dari ungkapan kata pusaka itu terlihat, orang Minangkabau selain mengandalkan kehidupan agrari (pertanian, peternakan, dan perikanan) juga telah mengenal pertambangan. Sebagai masyarakat
agraris, mereka memanfaatkan alam untuk bertani, beternak, dan memelihara ikan.
Sebagai masyarakat yang telah mengenal perindustrian, mereka telah mengungkapkan istilah “tambang” untuk memenuhi kebutuhannya.

Berdasarkan uraian materi di atas, dapat disimpulkan, arti alam bagi orang Minangkabau. Alam
mereka jadikan sebagai guru, sebagai landasan untuk merumuskan, dan menyusun ajaran adat.
Kemudian, alam merupakan sumber hidup dan kehidupan bagi mereka. Dari pemberian dan hasil
alam itu mereka mengujudkan kesejahteraannya. Sumber daya alam mereka manfaatkan untuk
memenuhi semua kebutuhan hidupnya. Itulah arti alam bagi masyarakat Minangkabau.













































BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Minangkabau bukan hanya sebagai tempat hidup dan mati, bukan hanya tempat hidup dan
berkembang, tetapi minangkabau juga memiliki makna filosofis. Seperti yang ada dalam
ungkapan pepatah minangkabau “alam takambang jadi guru”.Alam memiliki makna yang
mendalam dengan segala bentuk, sifat, serta segala yang terjadi di dalamnya, merupakan sesuatu yang dapatdijadikan sebagai pedoman, ajaran, dan guru.

Alam sebagai tempat hidup dan sumber kehidupan mereka memanfaatkan seoptimal mungkin.
Tidak satupun yang ada di alam ini yang tidak berguna bagi mereka. Hutan, sungai, tanah, dan
laut misalnya, mereka manfaatkan sebagai modal (aset) ekonomi untuk kesejahteraan.

III.2 Saran
1. Semoga makalah ini dapat bermafaat bagi semua pembaca umum nya dan khusus nya bagi
    kelompok penyaji.
2. Semoga makalah ini juga menjadi rujukan bagi pemakalah berikutnya dengan topik yang sama.
3. Jika terdapat kekeliruan dan atau pun kesalahan dalam penulisan makalah ini, maka kami dari 
    kelompok penyaji akan menerima krtikan dan saran yang bersifat membangun demi
    kesempurnaan makalah kami ini di kemudian hari.































DAFTAR PUSTAKA/SUMBER











No comments:

Post a Comment

Batombe

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap kesenian tradisional dalam masyarakat Minangkabau memiliki tata cara sendiri dalam pel...