Thursday, March 16, 2017

Randai

BAB I 
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang Masalah
Akhir-akhir ini telah banyak berbagai macam musik baru yang baru kita kenal di masyarakat,seperti adanya musik barat,pop,dangdut,dan lain-lain.
Masyarakat cenderung lebih tertarik kepada hal-hal yang baru,dan mereka melupakan musik-musk tradisional yang dari dulunya ada sejak zaman nenek moyang kita,bahkan ada yang sama sekali tidak mengenal musik-musik di daerahnya.
Di kalangan remaja apalagi,mereka cenderung menyukai musik-musik baru seperti barat,pop dan dangdut,yang menurut mereka itu”gaul” dan nge-tern. Contoh salah satu musik daerah yang ada di Kuansing adalah seperti Randai.Randai awalnya berasal dari Sumatera Barat,tapi kesenian Randai ini juga dimainkan oleh beberapa daerah seperti Kuansing.
Namun,seiring dengan perkembangan zaman,pertunjukan randai ini sudah jarang dimainkan,oleh karena itupenulis ingin membuat karya tulis yang berjudul”Randai”,Hal ini bertujuan agar penulis bisa memahami lebih jauh tentang perkembangan Randai di beberapa daerah.
II.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan makalah ini sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan randai ?
2. Bagaimana sejarah randai ?
3. Bagaimana perkembangan kesenian randai ?
4. Bagaimana cara bermain randai ?







II.3 Tujuan Penulisan
Bertolak dari rumusan maslah di atas, maka yang menjadi tujuan penulisan makalah ini, yaitu sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui pengertian randai
2. Untuk mengetahui sejarah randai
3. Untuk mengetahui perkembangan kesenian randai
4. Untuk mengetahui cara bermain randai

I.4 Manfaat Penulisan
Ada pun manfaat penulisan makalah ini, antaralain agar pembaca dapat memahami betapa pentingnya menghargai suatu karya dalam suatu daerah,dan pembaca juga dapat memahami perkembangan musik daerah terutama “Randai”.




















BAB II
PEMBAHASAN
RANDAI
II.1 Pengertian Randai
Randai adalah kesenian khas Minangkabau. Randai dilaksanakan dalam bentuk teater arena (pertunjukan arena). Unsur kesenian yang terdapat dalam randai meliputi seni drama, seni suara, seni tari, dan seni musik. Sumber ceritanya adalah kaba yang bertemakan budi, malu, susila, pendidikan dan menanamkan kesadaran berbangsa. Jadi, randai merupakan seni yang kompleks.

Randai disebut kesenian khas Minangkabau. Pernyataan itu memang tepat. Oleh karena, hanya Minangkabau saja yang memiliki kesenian ini. Di daerah lain tidak dikenal kesenian randai. Jika ada di daerah lain, tentu saja nama dan seni pertunjukkannya akan berbeda pula. Jadi, randai disebut kesenian khas Minangkabau karena hanya Minangkabau yang memilikinya.

Randai dilaksanakan dalam bentuk teater arena. Artinya, pertunjukan randai berlangsung di arena (lapangan terbuka). Pada zaman dahulu kala pertunjukan randai hanya dilakukan di lapangan. Adakalanya di lapangan khusus (medan) dan adakalanya di laksanakan di halaman rumah gadang. Lapangan atau halaman itu sekaligus tempat pertunjukan dan tempat penonton. Jadi pertunjukan randai bukan di ruangan, melainkan di lapangan. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin maju, pertunjukan randai sudah ada yang dilakukan di ruangan tertutup yang luas.

Di dalam pertunjukan randai terdapat banyak unsur kesenian. Unsur seni drama terlihat karena adanya peran oleh para pelaku dengan melakukan dialog, gerak, dan mimik. Unsur seni suara terlihat dalam dendang antara adegan dengan adegan lain. sambil berdendang, pemain melingkar sambil melakukan gerak pencak. Gerakan pencak itu merupakan unsur seni tari. Musik pengiringnya adalah saluang, rabab dan talempong yang merupakan seni musik tradisional Minangkabau. Jadi, di dalam randai terdapat sejumlah unsur kesenian Minangkabau.


Cerita randai diangkat dari kaba. Cerita kaba digelar dalam bentuk dialog yang diseling-selingi dengan dendang. Pada dasarnya, jika dilihat dari segi pertunjukan teaternya, randai adalah pertunjukan kaba dan bentuk drama atau teater. Oleh karena kaba Minangkabau cukup banyak jumlahnya, temanya pun beraneka ragam. Tema-tema itulah yang diungkapkan melalui pertunjuk randai ini.

Tema kaba yang diangkat ke dalam randai bermacam-macam. Ada tema kesedihan (tragedi) dan ada tema kepahlawanan (heroik). Dengan tema-teman itu, setiap penonton ikut tergugah, terbuai di dalam cerita pertunjukan. Misalnya kaba “Sabai Nan Aluih” yang mengungkapkan kepahlawanan seorang wanita Minangkabau. Kaba “Cindua Mato” menayangkan kepahlawanan seorang pemuda Minangkabau. Dengan tergugahnya penonton oleh alur dan tema cerita, maka sampai kini randai masih menjadi tontonan menarik bagi masyarakat tidak hanya di Minangkabau tetapi juga masyarakat luar Minangkabau.

II.2 Sejarah Randai
Pada awalnya randai adalah media untuk menyampaikan kaba atau cerita rakyat melalui gurindam atau syair yang di sendangkan dan gelombang-gelombang tari yang berasal dari gerakan 2 silat minangkabau.

Randai dalam sejarah Minangkabau Konon kabarnya ia sempat dimainkan oleh masyarakat Pariangan Padang Panjang ketika mesyarakat tersebut berhasil menangkap rusa yang keluar dari laut. Randai di Minangkabau suatu kesenian yang dimainkan oleh beberapa orang, berkelompok atau beregu, dimana dalam randai ini ada cerita yang dibawakan, seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya.

Pemeran utama berjumlah satu orang, dua orang, tiga orang atau lebih tergantung dari cerita yang dibawakan, dan dalam membawakan atau memerankannya pemeran utama dilingkari oleh anggota-anggota lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlansungnya acara tersebut.

Sekarang ini Randai merupakan sesuatu yang asing bagi pemuda-pemudi Minangkabau, hal ini dikarenakan bergesernya orientasi kesenian atau kegemaran dari generasi tersebut. Randai terdapat di Pasisie dan daerah Darek (daratan).

Pada awalnya Randai adalah media untuk menyampaikan kaba atau cerita rakyat melalui gurindam atau syair yang didendangkan dan galombang (tari) yang bersumber dari gerakan-gerakan silat Minangkabau. namun dalam perkembangannya Randai mengadopsi gaya penokohan dan dialog dalam sandiwara-sandiwara modern, seperti kelompok Dardanela dan Tonil pada awal abad ke 20.

Jadi, Randai adalah media untuk menyampaikan cerita-cerita rakyat, dan kurang tepat jika Randai disebut sebagai Teater tradisi Minangkabau walaupun dalam perkembangannya Randai mengadopsi gaya bercerita atau dialog teater atau sandiwara.
"Sebelum randai menjadi teater berkembang saat ini, dulunya adalah tari randai. Tari randai dipelihara di perguruan silat yang mengajarkan Ulua Ambek terutama di daerah pesisir (Padang Pariaman). Tak heran tari-tari Minang kontemporer dewasa ini, ada yang pola gerak dan pola dialog seperti randai.
II.3 Perkembangan Randai
Randai awalnya dimainkan oleh masyarakat Sumatera Barat,tapi sekarang Randai juga dimainkan oleh beberapa daerah seperti di Kuantan Singingi,tapi sekarang pertunjukan Randai ini sudah jarang di pertunjukkan oleh mayarakat.
Sekarang ini randai merupakan sesuatu yang asing bagi para pemuda pemudi,hal ini dikarenakan bergesernya orientasi kesenian atau kegemaran dari generasi tersebut.
II.4 Cara Bermain Randai
Randai dimainkan oleh pemain utama yang akan bertugas menyampaikan cerita,pameran utama ini bisa berjumlah satu orang,2,3 atau lebih tergantung dari cerita yang dibawakan ,dan dalam mebawakan atau memerankannya,pemeran utama diingkari oleh anggota2 lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlangsungnya acara tersebut.




BAB III
PENUTUP

III.1 Kesimpulan
Berdasarkan urain pada BAB II di atas, penulis menyimpulkan bahwa musik daerah seperti Randai harus tetap dilestarikan dan harus dikenal oleh masyarakat,terutama bagi kalangan remaja yang mulai melupakan karya musik daerah.

III.2 Saran
Agar budaya didaerah kita tidak hilang dan mudah dikenal di masyarakat,sebaiknya buatlah musik daerah itu semenarik mungkin,tapi tidak merubah ciri khas dari musik daerah itu sendiri, hal ini agar musik daerah intu banyak diminati oleh masyarakat.





















DAFTAR PUSTAKA/SUMBER



























No comments:

Post a Comment

Batombe

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap kesenian tradisional dalam masyarakat Minangkabau memiliki tata cara sendiri dalam pel...