Wednesday, March 15, 2017

KEKERABATAN MINANGKABAU

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Pada zaman ini banyak putra-putri minang yang tidak mengetahui tentang sistem kekerabatan serta peran dan kedudukan mereka dalam kaum.Hal ini tentu sangat menyedihkan mengingat mereka adalah generasi penerus yang diharapkan dapat mengangkat dan mengharumkan nama minang.

Tapi bagaimana hal itu dapat terjadi jika mereka sendiri kurang mengetahui tentang sistem kekerabatan yang berlaku di nagari mereka sendiri. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak faktor salah satunya yaitu minimnya pengetahuan yang mereka dapatkan tentang sistem kekerabatan yang ada di Minang .

Untuk itulah makalah ini hadir sebagai salah satu sumber informasi bagi para generasi muda minang khususnya, yang kurang mengetahui mengenai seluk beluk sistem kekerabatan yang ada di Minangkabau.

I.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan makalah ini sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan Sifat dan Bentuk Alamiah Kekerabatan Minangkabau ?
2. Apa yang dimaksud dengan Sifat dan Bentuk Alamiah Kekerabatan Matriliner ?
3. Apa yang dimaksud dengan Kelurga Inti ?
4. Apa yang dimaksud dengan Sumando jo Pasumandan?
5.Apa yang dimaksud dengan Induak Bako jo Anak Pisang ?

I.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujun penulisan makalah ini, antaralain sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui Sifat dan Bentuk Alamiah Kekerabatan Minangkabau
2. Untuk mengetahui Sifat dan Bentuk Alamiah Kekerabatan Matriliner 
3. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Kelurga Inti
4. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Sumando jo Pasumandan
5. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Induak Bako jo Anak Pisang.

I.4 Manfaat Penulisan
Secara umum penulisan makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang dibahas dalam makalah ini.












BAB II
PEMBAHASAN
KEKERABATAN MINANGKABAU

II.1 Sifat Kekerabatan Minangkabau
Sebuah kebudayaan yang layak disebut sebagai sesuatu yang patut dan membudaya adalah kebudayaan yang teruji oleh waktu dan mampu melewati seleksi alam. Begitulah kebudayaan minangkabau yang hingga saat ini masih dipakai dan digunakan oleh orang minangkabau. Salah satunya adalah sistem kekerabatan yang matrilineal. sistem yang mengambil garis keturunan dari garis keturunan ibu. Hingga saat ini sistem kekerabatan ini masih dipakai dan menjadi acuan bagi orang minangkabau.

“indak lakang karano paneh, indah lapuak karano hujan”, begitulah bahasa minangkabau mengungkapkan. Sistem kekerabatan matrilineal hingga saat ini masih bertahan. Dari generasi ke generasi sistem ini masih tetap melekar erat dalam kehidupan orang minangkabau. Hal ini memang dikarenakan sistem kekerabatan matrilineal sangat ampuh dalam mengatur sistem kekerabatan dari orang minangkabau. Begitu banyak kebudayaan yang masuk dan keluar,tetap saja sistem ini tidak mengalami perubahan.

Lalu, apakah yang membuat sistem ini tak lekang oleh waktu?, mungkin karena sifat dan bentuknya yang memang alamiah. Dengan kata lain, sistem ini sangat membudaya dan mendarah daging dalam kebudayaan minangkabau secara alamiah. Kekerabatan ini muncul lebih awal dari sistem kekerabatan lain. Sifat dan bentuknya telah membudaya sejak manusia ini ada.

A. Sifat dan Bentuk Alamiah Kekerabatan Minangkabau
Sifat dan bentuk kekerabatan minangkabau adalah alamiah. Sejak manusia dilahirkan peran seorang ibu sangatlah besar daripada seorang bapak. Pertanggungjawabannya juga lebih besar, terutama kepada anaknya. Hal itu dapat diamati dari proses manusia masih dalam kandungan, kemudiaan proses kelahiran manusia, tumbuh dan berkembang, hingga akhirnya menjadi dewasa. Proses itulah yang disebut alamiah atau bersifat kealaman.

Kekerabatan minangkabau meniru proses yang alamiah tersebut. Mereka meniru  dari alam seperti yang terungkap dalam filsafat minangkabau “alam takambang jadi guru”. Tidak hanya manusia , hewan pun seperti itu. Coba kita lihat ayam atau binatang lain. Dalam hidupnya, mulai dari kecil hingga dewasa ia selalu mengikuti kemanapun ibunya pergi hingga ia menjadi dewasa. oleh karena itu kekerabatan orang minangkabau ditandai dengan bersuku kepada ibu, sifat dan bentuk ini sangat alamiah karena menurut kepada sifat alam.

Kekerabatan yang seperti ini adalah ciri khas dari kekerabatan minangkabau. Semua didasarkan kepada apa yang ada dan terjadi dialam ini. Sifat-sifat dan bentuk alam ditiru untuk membuat adat minangkabau termasuk kekerabatan dalam masyarakat minangkabau.





B. Sifat dan Bentuk Kekerabatan Matriliniar
Matrilineal artinya kekerabatan yang menurut garis keturunan ibu. Seorang anak laki-laki ataupun perempuan mengikuti suku ibunya. Gelar pusaka diterima dari mamaknya dan harta warisan di wariskan secara turun temurun, dan dikuasai oleh kaum perempuan. Jika terjadi perceraian, maka yang harus pergi adalah seorang suami bukan sang istri.

Lalu, kenapa semua harta dikuasai oleh kaum perempuan?. Didalam kekerabatan matrilineal, harta pusaka dikuasai oleh kaum perempuan, laki-laki hanya sebagai pelindung dan pemelihara harta pusaka tersebut. Penggunaannya diatur oleh kaum perempuan. Semua itu juga didasarkan pada sifat dan bentuk alamiah alam. Secara alamiah dan biologis, perempuan lebih lemah dari laki-laki. Selain itu perempuan juga lebih teliti dan hati-hati. Perempuan juga tidak mungkin mencari kebutuhan seperti laki-laki. Maka dari itu, kekerabatan matrilineal memberikan hak kepada kaum perempuan untuk menguasai harta pusaka. Dilain hal juga karena kodratnya sebagai makhluk tuhan.

Dalam sebuah pernikahan atau perkawinan seorang laki-laki datang dan tinggal dirumah perempuan. Mereka tinggal dalam sebuah rumah gadang. Rumah gadang tersebut dikuasai oleh kaum perempuan suku tersebut. Jadi kalau terjadi perceraian, tidak mungkin perempuan tersebut yang harus pergi meninggalkan rumah. Perempuan tidak mungkin mencari dan mengusahakan tempat tinggal karena kodratnya sebagai perempuan lebih lemah dari laki-laki. Jadi sudah selayaknya perempuan yang menugasai harta pusaka.

C. Sifat dan Bentuk Alamiah Kekerabatan Minangkabau
Matrilineal berpedoman kepada alam. Seorang anak sejak kecil lebih dekat kepada ibunya. Ibu diberi tanggungjawab yang besar untuk membesarkan dan mendidik anaknya. Sehingga suku yang dianut oleh sang anak juga suku ibu. Sehingga lahirlah pengelompokan masyarakat diminangkabau yang didasarkan pada suatu garis keturunan yang sama yaitu disebut suku. Orang yang satu suku tersebut disebut dengan “badunsanak”. Semua itu bermula dari garis keturunan atau saparuik. Hingga semakin besar lalu berubah menjadi kaum.

Selain diikat oleh satu garis keturunan, mereka juga diikat oleh kesamaan rumah gadang. Pemekaran satu rumah gadang akan menjadi beberapa rumah gandang namun dengan suku yang sama. Suku dijadikan dasar hubungan kekerabatan antara rumah gadang tersebut.

Jadi, sifat kekerabatan matirlineal meniru kepada alam. Sedangkan bentuknya berupa masyarakat yang hidup secara kolektif dengan segala cirinya yang khas.

II.2 Hubungan Kekerabatan Minangkabau
Di minangkabau, hubungan kekerabatan terjadi disebabkan karena 2 hal. Pertama, kekerabatan yang disebabkan karena keturunan atau pertalian darah. Kekerabatan ini disebut juga hubungan ke dalam. Kedua, kekerabatan yang disebabkan karena adanya perkawinan. Kekerabatan ini disebut juga dengan hubungan keluar.


A. Keluarga Inti
Hubungan kekerabatan ini menurut kekerabatan matrilineal adalah hubungan kekerabatan didalam keluarga yang terikat menurut garis keturunan ibu. Biasanya keluarga inti, tinggal didalam satu rumah gadang yang diikat oleh sako dan pusako. Keluarga inti ini terdiri dari 3 generasi yaitu generasi nenek, generasi ibu, dan generasi anak-anak.

Nenek mempunyai saudara laki-laki, yang merupakan mamak bagi ibu. Jika ibu mempunyai saudara laki-laki, berarti mamak bagi anak-anaknya. Semua itu adalah termasuk kedalam keluarga inti di minangkabau dahulunya. Mungkin untuk sekarang tidak seperti itu lagi.

Kakek atau suami dari nenek bukanlah termasuk kedalam keluarga inti, meski ia berada dalam rumah gadang nenek. Kakek berasal dari suku dan rumah gadang lain, maka kakek tidak terikat oleh suku, sako dan pusako. Sedangkan menurut matrilineal, keluarga inti adalah keluarga yang terikat oleh satu garis keturunan. Kekerabatan menurut satu garis keturunan itu diikat oleh kesamaan sako, pusako dan suku.  Begitu juga dengan bapak atau suami dari ibu, ia juga bukan merupakan keluarga inti dari keluarga nenek atau ibu atau anak-anak ibu. Kakek, bapak atau suami dari saudara ibu lain, merupakan anggota keluarga inti lain di minangkabau dimana ia berasal.

B. Sumando dan Pasumanndan, Ipa dan Bisan
Kekerabatan antara sumando dan pasumandan beserta ipa dan bisan muncul disebabkan karena adanya perkawinan.  Seorang bapak atau suami disebut sumando didalam keluarga inti dan dipanggil sumando oleh saudara-saudara istrinya. Seorang istri disebut pasumandan oleh keluarga inti dari suaminya, dan dipanggil pasumandan oleh saudara-saudara suaminya. Saudara-saudara laki-laki dari istri, oleh suami disebut bisan, sedangkan saudara perempuan disebut ipa (ipar). Hubungan timbal balik antara keluarga suami dengan keluarga istri disebut bisan.

C. Induak Bako dan Anak Pisang, Mintuo dan Minantu
Hubungan kekerabatan ini terjadi disebabkan karena perkawinan. Hubungan kekerabatan induak bako dan anak pisang adalah hubungan antara seorang perempuan dengan saudara-saudara laki-lakinya. Saudara perempuan dari bapak bagi seorang anak disebut induak bako. Anak-anak dari saudara laki-laki disebut anak pisang. Istri dan suami dari anak-anak disebut  minantu. Anak-anak menyebut orangtua istri atau suaminya mintuo.

Jadi seorang perempuan, memiliki dua kedudukan, keatas ia merupakan anak pisang dari saudara perempuan bapaknya, kebawah ia menjadi induak bako bagi anak-anak saudara laki-lakinya. Sedangkan laki-laki adalah anak pisang dari saudara perempuan bapaknya, tetapi tidak menjadi induak bako bagi anak saudara laki-lakinya.

Diminangkabau anak pisang lazim disebut sebagai anak pusako. Anak perempuan didalam fungsinya sebagai anak pusako berhak mendapat pendidikan dari bako dan mamaknya, sedangkan anak laki-laki mendapat pendidikan dari mamaknya saja. Oleh karena itu, untuk merapatkan hubungan antara induak bako dengan anak pisang, seorang anak laki-laki dianjurkan menikah dengan kemenakan bapak atau anak mamaknya.

Seorang minantu laki-laki lebih erat hubungannya dengan mintuo karena ia tinggal di rumah istrinya dari pada istri terhadap mintuonya. Kewajiban seorang istri lebih berat kewajibannya di bandingkan suami dalam bidang menjalin hubungan silaturahmi. Seorang istri wajib berkunjung kerumah mintuonya pada hari-hari tertentu atau dalam minangkabau disebut hari baik. Hal seperti ini sudah menjadi adat istiadat yang lazim dalam Minangkabau.











































BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Masyarakat minangkabau menganut sistem kekerabatan matrilineal. Sistem matrilineal adalah suatu sistem yang mengatur kehidupan dan ketertiban suatu masyarakat yang terikat dalam suatu jalinan kekerabatan dalam garis ibu. Seorang anak laki-laki atau perempuan merupakan klen dari perkauman ibu.Ayah tidak dapat memasukkan anaknya ke dalam sukunya sebagaimana yang berlaku dalam sistem patrilineal.Dengan kata lain seorang anak di minangkabau akan mengikuti suku ibunya.

Segala sesuatunya diatur menurut garis keturunan ibu.Tidak ada sanksi hukum yang jelas mengenai keberadaan sistem matrilineal ini, artinya tidak ada sanksi hukum yang mengikat bila seseorang melakukan pelanggaran terhadap sistem ini. Sistem ini hanya diajarkan secara turun temurun kemudian disepakati dan dipatuhi, tidak ada buku rujukan atau kitab undang-undangnya. Namun demikian, sejauh manapun sebuah penafsiran dilakukan atasnya, pada hakekatnya tetap dan tidak beranjak dari fungsi dan peranan perempuan itu sendiri.

III.2 Saran
1. Semoga makalah ini dapat bermafaat bagi semua pembaca umum nya dan khusus nya bagi kelompok penyaji.
2. Semoga makalah ini juga menjadi rujukan bagi pemakalah berikutnya dengan topik yang sama.
3. Jika terdapat kekeliruan dan atau pun kesalahan dalam penulisan makalah ini, maka kami dari kelompok penyaji akan menerima krtikan dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah kami ini di kemudian hari.
























DAFTAR PUSTAKA/SUMBER








No comments:

Post a Comment

Batombe

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap kesenian tradisional dalam masyarakat Minangkabau memiliki tata cara sendiri dalam pel...