Thursday, March 16, 2017

Suku di Minangkabau

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Sebagai masyarakat Indonesia, kita harus mengetahui berbagai macam kebudayaan yang ada di negara kita. Indonesia terdiri dari banyak suku dan budaya, dengan mengenal dan mengetahui hal itu, masyarakat Indonesia akan lebih mengerti kepribadian suku lain, sehingga tidak menimbulkan perpecahan maupun perseteruan. Pengetahuan tentang kebudayaan itu juga akan memperkuat rasa nasionalisme kita sebagai warga negara Indonesia yang baik.

Selain hal-hal di atas, kita juga dapat mengetahui berbagai kebudaya di Indonesia yang mengalami akulturasi. Karena proses akulturasi yang terjadi tampak simpang siur dan setengah-setengah. Contoh, perubahan gaya hidup pada masyarakat Indonesia yang kebarat-baratan yang seolah-olah sedikit demi sedikit mulai mengikis budaya dan adat ketimurannya. Namun, masih ada beberapa masyarakat yang masih sangat kolot dan hampir tidak mempedulikan perkembangan dan kemajuan dunia luar dan mereka tetap menjaga kebudayaan asli mereka.

Karena latar belakang di atas kita menyusun makalah tentang salah satu kebudayaan masyarakat Indonesia, yaitu masyarakat Minangkabau. Makalah ini akan memberikan wawasan tentang masyarakat Minangkabau yang memiliki keragaman suku dan budaya.

I.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan makalah ini sebagai berikut :
1. Apa yang dimaksud dengan Suku Minangkabau ?
2. Darimanakah Asal-Usul Suku Bangsa Minangkabau ?
3. Bagaimanakah Adat dan Budaya Minangkabau ?
4. Bagaimanakah Sistem Religi Minangkabau ?
5. Bagaimanakah Sistem Kekerabatan Minangkabau ?
6. Bagaimanakah Kesenian Suku Minangkabau ?
7. Bagaimanakah Pembagian Suku di Minangkabau ?

I.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujun penulisan makalah ini, antaralain sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Suku Minangkabau
2. Untuk mengetahui asal-usul suku bangsa Minangkabau 
3. Untuk mengetahui adat dan budaya Minangkabau
4. Untuk mengetahui sistem religi Minangkabau
5. Untuk mengetahui sistem kekerabatan Minangkabau
6. Untuk mengetatahui kesenian suku Minangkabau
7. Untuk mengetahui pembagian suku Minangkabau.


I.4 Manfaat Penulisan
Secara umum penulisan makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca guna meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang dibahas dalam makalah ini.




BAB II
PEMBAHASAN
SUKU DI MINANGKABAU

II.1 Pengertian Suku Minangkabau
Masyarakat Minangkabau atau Minang adalah kelompok etnik Nusantarayang berbahasa dan menjunjung adat Minangkabau. Wilayah penganut kebudayaannya meliputi Sumatera Barat, separuh daratan Riau, bagian utaraBengkulu, bagian barat Jambi, bagian selatan Sumatera Utara, barat dayaAceh, dan juga Negeri Sembilan di Malaysia.

Budayanya sangat kuat diwarnai ajaran agama Islam. Prinsip adat Minangkabau tertuang singkat dalam pernyataan Adat basandi syara', syara' basandi Kitabullah (Adat bersendikan hukum, hukum bersendikan Al-Qur'an) yang berarti adat berlandaskan ajaran Islam.

Orang Minangkabau sangat menonjol di bidang perniagaan, sebagai profesional dan intelektual. Mereka merupakan pewaris terhormat dari tradisi tua Kerajaan Melayu dan Sriwijaya yang gemar berdagang dan dinamis.

Hampir separuh jumlah keseluruhan anggota suku ini berada dalam perantauan. Minang perantauan pada umumnya bermukim di kota-kota besar, seperti JakartaBandungPekanbaruMedanBatamPalembang, danSurabaya. Di luar wilayah Indonesia, suku Minang banyak terdapat di Malaysia dan Singapura.

II.2 Asal-Usul Suku Bangsa Minangkabau
Dalam masyarakat Minangkabau, ada tiga pilar yang membangun dan menjaga keutuhan budaya serta adat istiadat. Mereka adalah alim ulama, cerdik pandai, dan ninik mamak, yang dikenal dengan istilah Tali nan Tigo Sapilin. Ketiganya saling melengkapi dan bahu membahu dalam posisi yang sama tingginya. Dalam masyarakat Minangkabau yang demokratis dan egaliter, semua urusan masyarakat dimusyawarahkan oleh ketiga unsur itu secara mufakat

II.3 Adat dan Budaya Minangkabau
Dalam masyarakat Minangkabau, ada tiga pilar yang membangun dan menjaga keutuhan budaya serta adat istiadat. Mereka adalah alim ulama, cerdik pandai, dan ninik mamak, yang dikenal dengan istilah Tali nan Tigo Sapilin. Ketiganya saling melengkapi dan bahu membahu dalam posisi yang sama tingginya.

Dalam masyarakat Minangkabau yang demokratis dan egaliter, semua urusan masyarakat dimusyawarahkan oleh ketiga unsur itu secara mufakat.

APasambahan
Adat Minang sarat dengan formalitas dan interaksi yang dikemas sedemikian rupa sehingga acara puncaknya tidak sah, tidak valid, jika belum disampaikan dengan bahasa formal yang disebut pasambahan. Acara-acara adat, mulai dari yang simple seperti mamanggia, yaitu menyampaikan undangan untuk menghadiri suatu acara, hingga yang berat seperti pengangkatan seseorang menjadi Pangulu, selalu dilaksanakan dengan sambah-manyambah.

Sambah-manyambah di sini tidak ada hubungannya dengan menyembah Tuhan, dan orang Minang tidak menyembah penghulu atau orang-orang terhormat dalam kaumnya. Melainkan yang dimaksud adalahpasambahan kato. Artinya pihak-pihak yang berbicara atau berdialogmempersembakan kata-katanya dengan penuh hormat, dan dijawab dengan cara yang penuh hormat pula. Untuk itu digunakan suatu varian Bahasa Minang tertentu, yang mempunyai format baku.

Format bahasa pasambahan ini penuh dengan kata-kata klasik, pepatah-petitih dan dapat pula dihiasi pula dengan pantun-pantun. Bahasa pasambahan ini dapat berbeda dalam variasi dan penggunaan kata-katanya. Namun secara umum dapat dikatakan ada suatu format yang standar bagi seluruh Minangkabau.

Terkait dengan pasambahan, adat Minang menuntut bahwa dalam setiap pembicaraan, pihak-pihak yang berbicara ditentukan kedudukannya secara formal, misalanya sebagai tuan rumah, sebagai tamu, sebagai pemohon, atau sebagai yang menerima permohonan.

BSirih Jo Pinang
Sirih dan pinang adalah lambang formalitas dalam interaski masyarakat Minangkabau. Setiap acara penting dimulai dengan menghadirkan sirih dan kelengkapannya seperti buah pinang, gambir, kapur dari kulit kerang. Biasanya ditaruh diatas carano yang diedarkan kepada hadirin. Siriah dan pinang dalam situasi tertentu diganti dengan menawarkan rokok.

Makna sirih adalah secara simbolik, sebagai pemberian kecil antara pihak-pihak yang akan mengadakan suatu pembicaran. Suatu pemberian dapat juga berupa barang berharga, meskipun nilai simbolik suatu pemberian tetap lebih utama daripada nilai intrinsiknya. 

Dalam pepatah adat disebutkan, siriah nan diateh, ameh nan dibawah. Dengan sirih suatu acara sudah menjadi acara adat meskipun tidak atau belum disertai dengan pasambahan kato. Sirih dan pinang juga mempunyai makna pemberitahuan, adat yang lahiriah, baik pemberitahuan yang ditujukan pada orang tertentu atau pada khalayak ramai.

C. Baso-Basi
Satu lagi unsur adat Minang yang penting dan paling meluas penerapannya adalah baso-basi: bahkan anak-anak harus menjaga baso-basi. Tuntuan menjaga baso-basi mengharuskan setiap invidu agar berhubungan dengan orang lain, harus selalu menjaga dan memelihara kontak dengan orang disekitarnya secara terus-menerus. Seseorang orang Minang tidak boleh menyendiri.

Baso-basi diimplementasikan dengan cara yang baku. Walaupun tidak dapat dikatakan formal, baso-basi berfungsi menjaga forms, yaitu hubungan yang selain harmonis juga formal antara setiap anggota masyarakat nagari, dan menjamin bahwa setiap orang diterima dalam masyarakat itu, dan akan memenuhi tuntutan hidup bermasyarakat sesuai dengan adat yang berlaku di nagari itu.

II.4 Sistem Religi (Kepercayaan) Minangkabau
Sebagian besar suku bangsa minangkabau beragama islam. Masyarakat percaya dengan hantu, seperti kuntilanak, perempuan menghirup ubun-ubun bayi dari jauh, menggasing (santet) yaitu menghantarkan racun melalui udara. Upacara-upacara adat di minangkabau meliputi :
1. Upacara Tabuik adalah upacara peringatan kematian Hasan dan Husain di padang karabela.
2. Upacara kitan dan katam berhubungan dengan lingkaran hidup manusia,
3. Upacara selamatan orang meninggal pada hari ke-7, ke-40, ke-100 dan ke-1000.

II.5 Sistem Kekerabatan Minangkabau
Sistem kekerabatan dalam masyarakat minangkabau adalah matrilineal (garis keturunan ibu), sehingga system kekerabatan memerhitungkan dua generasi diatas ego laki-laki dan satu generasi dibawahnya. Urutannya sebagai berikut :
a. Ibunya ibu.
b. Saudara perempuan dan laki-laki ibunya ibu.
c. Saudara laki-laki ibu.
d. Anak laki-laki, saudara perempuan saudara perempuan ibu ibunya ego.
e. Saudara laki-laki dan perempuan ego.
f. Anak laki-laki dan perempuan saudara perempuan ibu.
g. Anak laki-laki dan perempuan saudara perempuan ego.
h. Anak laki-laki dan perempuan anak perempuan saudara perempuan ibunya ibu.

Kesatuan keluarga kecil seperti diatas disebut paruik, pada sebagian masyarakat ada kesatuan yang disebut kampueng yang memeisahkan paruik dengan suku. Kepentingan keluarga diurus oleh laki-laki yang bertindak sebagai niniek mamak.
Dalam hal jodoh masyarakat minangkabau memilih dari luar suku, tetapi pola itu kini mulai hilang. Bahkan akibat pengaruh dunia modern, perkawinan endogami lokal tidak lagi dipertahankan.

II.6 Kesenian Suku Minangkabau
Suku Minangkabau memiliki berbagai macam atraksi dan kesenian, seperti tari-tarian yang biasa ditampilkan dalam pesta adat maupun perkawinan.

1. Tari pasambahan merupakan tarian yang dimainkan bermaksud sebagai ucapan selamat datang atau pun ungkapan rasa hormat kepada tamu istimewa yang baru saja sampai.
2. Tari piring merupakan bentuk tarian dengan gerak cepat dari para penarinya sambil memegang piring pada telapak tangan masing-masing, yang diiringi dengan lagu yang dimainkan oleh talempong dan saluang.
3. Silek atau Silat Minangkabau merupakan suatu seni bela diri tradisional khas suku ini yang sudah berkembang sejak lama.
4. Tari Payung merupakan tari tradisi Minangkabau yang saat ini telah banyak perubahan dan dikembangkan oleh senian-seniman tari terutama di Sumatra Barat. Awalnya tari ini memiliki makna tentang kegembiraan muda mudi (penciptaan) yang memperlihatkan bagaimana perhatian seorang laki-laki terhadap kekasihnya. Payung menjadi icon bahwa keduanya menuju satu tujuan yaitu membina rumah tangga yang baik. Keberagaman Tari Payung tidak membunuh tari payung yang ada sebagai alat ungkap budaya Minangkabau.
5. Randai, tarian yang bercampur dengan silek. Randai biasa diiringi dengan nyanyian atau disebut juga dengan sijobang, dalam randai ini juga terdapat seni peran (acting) berdasarkan skenario.

II.7 Pembagian Suku di Minangkabau
Seperti etnis lainnya, dalam etnis Minangkabau terdapat banyak klan yang disebut dengan istilah suku. Menurut tambo alam Minangkabau, pada masa awal pembentukan budaya Minangkabau oleh Datuk Ketumanggungan dan Datuk Perpatih Nan Sebatang, hanya ada empat suku awal yang dijadikan nama dari dua kelarasan. Suku-suku tersebut adalah :

Sedangkan kelarasan yang dimaksud adalah kelarasan koto piliang dan kelarasan bodi caniago, kelarasan disini semacam sistem kekuasaan, dan dalam perkembangannya kelarasan koto piliang cendrung kepada sistem aristokrat sedangkan kelarasan bodi caniago lebih kepada sistem konfederasi.

Dan jika melihat dari asal kata dari nama-nama suku induk tersebut, dapat dikatakan kata-kata tersebut berasal dari bahasa Sanskerta, sebagai contoh koto berasal dari katakotto yang berarti benteng atau kubu, piliang berasal dari dua kata phi dan hyang yang digabung berarti pilihan Tuhan, bodi berasal dari kata bodhi yang berarti orang yang terbangun, dan caniago berasal dari dua kata chana dan ago yang berarti sesuatu yang berharga.

Demikian juga untuk suku-suku awal selain suku induk, nama-nama suku tersebut tentu berasal dari bahasa Sanskerta dengan pengaruh agama Hindu dan Buddha yang berkembang disaat itu. Sedangkan perkembangan berikutnya nama-nama suku yang ada berubah pengucapannya karena perkembangan bahasa minang itu sendiri dan pengaruh dari agama Islam dan pendatang-pendatang asing yang tinggal menetap bersama.

Suku-suku dalam Minangkabau pada awalnya kemungkinan ditentukan oleh raja Pagaruyung, namun sejak berakhirnya kerajaan Pagaruyung tidak ada lagi muncul suku-suku baru di Minangkabau.

Sedangkan orang Minangkabau di Negeri SembilanMalaysia yang juga merupakan wilayah Minangkabau telah membentuk 13 suku baru yang berbeda dengan suku asalnya di Minangkabau.





















BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Masyarakat Minangkabau atau Minang adalah kelompok etnik Nusantara yang berbahasa dan menjunjung adat Minangkabau. Orang Minangkabau sangat menonjol dibidang perniagaan, sebagai profesional dan intelektual. Nama Minangkabau berasal dari dua kata, minang dan kabau. Nama itu dikaitkan dengan suatu legenda khas Minang yang dikenal didalam tambo.Dalam masyarakat Minangkabau, ada tiga pilar yang membangun dan menjaga keutuhan budaya serta adat istiadat. Mereka adalah alim ulama, cerdik pandai, dan ninik mamak, yang dikenal dengan istilah Tali nan Tigo Sapilin.

III.2 Saran
1. Semoga makalah ini dapat bermafaat bagi semua pembaca umum nya dan khusus nya bagi kelompok penyaji.
2. Semoga makalah ini juga menjadi rujukan bagi pemakalah berikutnya dengan topik yang sama.
3. Jika terdapat kekeliruan dan atau pun kesalahan dalam penulisan makalah ini, maka kami dari kelompok penyaji akan menerima krtikan dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah kami ini di kemudian hari.































DAFTAR PUSTAKA/SUMBER






No comments:

Post a Comment

Batombe

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap kesenian tradisional dalam masyarakat Minangkabau memiliki tata cara sendiri dalam pel...