Wednesday, March 15, 2017

KAMPUANG

BAB I
PENDAHULUAN
I.1 Latar Belakang
Kebanyakan orang, setiap kali ditanya tentang kampungnya, ia akan menjawab nagarinya. Padahal,kampung dengan nagari itu adalah suatu hal yang berbeda. Nagari terdiri dari beberapa kampung, atau dengan kata lain kampung adalah bagian dari suatu nagari. Oleh karena itu, ada baiknya jika
kita memahami tentang kampung. 

Lalu, bagian manakah yang dimaksud kampung itu yang sebenarnya Di sebuah kampung, dalam suatu nagari, orang orang yang satu suku tinggal dalam suatu kelompok kecil. Di dalam
wilayah itu hanya tinggal orang satu suku atau “saparuik”. Misalnya suku “ Melayu” tinggal dalam satu kelompok. Disekitar wilayah itu hanya rumah orang-orang suku “ Melayu” saja. Nah...kampung itu dinamakan dengan kampuang suku “ Melayu ”. 

Jadi, dapat disimpulkan, kampuang adalah suatu wilayah/kawasan yang didiami oleh orang yang
sesuku atau sukunya sejenis saja atau tidak bercampur dengan suku lain. 

I.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka penulis merumuskan makalah ini sebagai berikut :
1. Apa pengertian kampuang ?
2. Apa saja syarat-syarat berdirinya kampuang ?
3. Bagaimanakah keadaan kampuang pada zaman sekarang ?
4. Bagaimana kehidupan masyarakat kampuang ?
5. Apa saja yang termasuk wilayah kampuang ?

I.3 Tujuan Penulisan
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka yang menjadi tujun penulisan makalah ini,
antaralain sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui pengertian kampuang
2. Untuk mengetahui syarat-syarat berdirinya kampuang
3. Untuk mengetahui keadaan kampuang pada zaman sekarang
4. Untuk mengetahui kehidupan masyarakat kampuang
5. Untuk mengetahui wilayah kampuang.

I.4 Manfaat Penulisan
Secara umum penulisan makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca guna meningkatkan
pengetahuan dan pemahaman tentang materi yang dibahas dalam makalah ini.











BAB II
PEMBAHASAN
KAMPUANG

II.1 Pengertian Kampuang
Kampuang adalah suatu wilayah/kawasan yang didiami oleh orang yang sesuku atau sukunya
sejenis saja atau tidak bercampur dengan suku lain. 

Kepala dari kampung itu dinamakan “tuo kampuang” dalam adat minangkabau. Tuo kampuan
di pegang oleh seorang pengulu suku tersebut. Pengulu ini disebut juga dengan “pangulu andiko".
Selain hal di atas, sebuah kampung dalam minangkabau juga memiliki syarat-syarat
agar dapat di sebut sebagai “kampuang”. Syarat tersebut berhubungan dengan penjelasan
yang sudah diuraikan sebelumnya. 

Kampuang adalah pemekaran penghuni sebuah rumah “gadang”. Didalam rumah gadang tersebuttinggal orang “saparuik”. Pada awalnya ada satu keluarga besar, satu keturunan yang mendirikan sebuah rumah gadang. Dari keluarga tersebut kemudian semakin lama, semakin berkembang dan bertambah banyak. Hingga akhirnya, rumah gadang tersebut tak
mampu lagi menampung seluruh anggota keluarga. Sebagian keluarga yang mampu dari
keturunan tersebut mulai mendirikan rumah sendiri disekitar rumah gadang tersebut. Begitu seterusnya, hingga terbentuklah sebuah “kampuang”.

II.2 Syarat-Syarat Beridirinya Kampuang
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa syarat berdirinya suatu “kampuang” dalam adat minangkabau adalah merupakan pemekaran sebuah rumah gadang, didiami oleh orang satu
suku, dan memiliki pemimpin yaitu “tuo kampuang” atau yang disebut dengan “pangulu andiko”.

II.3 Kampuang Sekarang
Wilayah yang dinamakan kampuang menurut pengertian yang sekarang adalah orang-orang yang bermukim dalam satu kelompok, dalam satu kesatuan wilayah terkecil. Begitu pula
dengan pemimpinnya, jika “kampuang” dahulunya diminangkabau di pimpin oleh seorang
pengulu andiko, sekarang dipimpin oleh seseorang yang dipilih secara bersama-sama oleh warga kampung tersebut.

Jadi, “kampuang” saat ini sudah mengalami pergeseran arti dan makna. “kampuang” yang dahulu dihuni oleh orang satu suku saja, sekarang bisa lebih dari 2 suku yang tinggal dalam satu
“kampuang”.

II.4 Kehidupan Masyarakat Kampuang
Kehidupan masyarakat “kampuang” merupakan kehidupan dalam satu keluarga besar. Mereka
hidup berdampingan bukan karena  kebetulan berdekatan rumah, namun karena keterikatan oleh
tali adat. mereka adalah orang satu suku, dan juga satu sako, satu pusako serta satu sangsako.
Satu sako berarti satu pengulu yang hidup bernaung dalam satu lingkungan setali darah.
Nah maka dari itu, tidak ada perkawaninan yang terjadi diantara mereka. 

Mereka merupakan satu-kesatuan “pusako” (pusaka), maka tidak ada pembagian harta, tetapi sama-sama mendapat hak atas harta pusako tersebut. Harta tersebut di urus dan di atur oleh mamak danpengulu. Mereka bersama-sama memelihara dan mengembangkan harta tersebut sebagai sumber penghidupan serta
berusaha melipat-gandakan harta tersebut. Oleh karena itu, harta tersebut tidak pernah habis.

Tata pergaulan mereka di atur oleh adat. setiap ada sengketa, selisih dan sebagainya, mamak dan tuo kampuang bertugas untuk menyelesaikan masalah tersebut. Kerukunan dan kedamaian sangatlah mudah didapatkan dalam kampuang, selain karena mereka satu keluarga juga.

Apabila kehidupan semakin mekar, anak-kemenakan semakin berkembang dan rumah kian bertambah, ada kemungkinan juga rumah
gadangnya juga akan bertambah.  Maka, dibentuklah tungganai sebagai pemimpin orang
“saparuik”. Pada mulanya, mungkin hanya terdiri dari orang “saparuik” namun karena semakin
berkembang akhirnya menjadi beberapa “puak” atau “paruik”. Sehingga kampuang yang tadinya hanya terdiri dari satu rumah gadang, sekarang berkembang menjadi beberapa rumah gadang.

Dalam kata pusaka diungkapkan : kampuang batuo, rumah batungganaibegitulah kehidupan
masyarakat kampuang terdahulunya. 

Kampuang adalah bagian dari suatu nagari atau dengan kata lain nagari terdiri dari beberapa
kampuang. Jika kampuang terdiri dari orang satu suku, maka nagari sekurang-kurangnya harus didiami oleh empat suku. 

II.5 Wilayah Kampuang
Wilayah yang dijadikan perkampungan oleh suatu suku adalah tanah kaumnya. Mereka mendirikan perkampungan di atas tanah milik suku mereka atau yang disebut dengan tanah pusaka kaum. Tanah tersebut pada dasarnya tidak dapat dijual, walau dengan alasan apapun. Kepemilikan di
turunkan secara turun temurun. Didalam kampung tersebut tidak ada suku lain yang boleh mendirikan rumah. Semua itu sesuai dengan aturan adat, seperti yang diungkapkan dalam kata pusako :

Nagari bapaga undang
Kampuang bapaga adat

Dalam kampung juga terdapat “pandam pakuburan” yaitu pusara tempat menguburkan anggota
kaum ketika meninggal dunia. Seorang suami atau “sumando” pun bisa dikuburkan disana, jika mendapat izin dari keluarganya.

Dalam kampung juga terdapat surau sebagai tempat menjalankan ibadah dan belajar tentang
agama serta  tempat mendidik anak kemenakan. Hal yang terpenting dari adanya surau tersebut
adalah sebagai asrama bagi anak kemenakan yang masih bujangan,
agar mendapat pendidikan dan pengetahuan sehingga memilikibudi pekerti yang baik.
Hal tersebut juga disebabkan karena di atas rumah gadang tak ada lagi tempat bagi anak laki-laki.






BAB III
PENUTUP
III.1 Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas, maka pemakalah menyimpulkan sebagai berikut :
1. Kampuang adalah suatu wilayah/kawasan yang didiami oleh orang yang sesuku atau suk
    nya sejenis saja atau tidak bercampur dengan suku lain.
2. Kampuang dalam adat minangkabau adalah merupakan pemekaran sebuah rumah gadang
   didiami oleh orang satu suku, dan memiliki pemimpin yaitu “tuo kampuang”
   atau yang disebut dengan “pangulu andiko”. 
3. Wilayah yang dinamakan kampuang menurut pengertian yang sekarang adalah orang-orang yang bermukim dalam satu kelompok, dalam satu kesatuan wilayah terkecil.

III.2 Saran
Ada pun saran penulis setelah penyimpulan hasil makalah ini, yaitu :
1. Semoga makalah ini dapat bermafaat bagi semua pembaca umum nya dan khusus nya
    bagi kelompok penyaji.
2. Semoga makalah ini juga menjadi rujukan bagi pemakalah berikutnya dengan topik yang
    sama.
3. Jika terdapat kekeliruan dan atau pun kesalahan dalam penulisan makalah ini, maka kami
   dari kelompok penyaji akan menerima krtikan dan saran yang bersifat membangun
   demi kesempurnaan makalah kami ini di kemudian hari.




























DAFTAR PUSTAKA/SUMBER








No comments:

Post a Comment

Batombe

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Setiap kesenian tradisional dalam masyarakat Minangkabau memiliki tata cara sendiri dalam pel...